WELCOME TO MY BLOG

Jumat, 06 Oktober 2017

Produk Kerajinan Bahan Lunak


 Produk kerajinan bahan lunak 

                Produk kerajinan lebih banyak memanfaatkan bahan-bahan alam seperti tanah liat,serat alam,kayu,bambu,kulit,logam,batu,rotan,dll. Ada juga yang memanfaatkan bahan sintesis sebagai produk kerajinan seperti limbah kertas,plastik,karet. Juga pembuatan produk kerajinan diberbagai daerah memiliki nilai estetika yang berbedah-beda.
                Secara umum,jenis bahan dasar produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu, produk kerajinan dari bahan lunak dan produk kerajinan dari bahan keras.


                1. pengertian kerajinan dari bahan lunak
                Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak ,beberapa bahan lunak yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan,yaitu seperti berikut:

                 a. Bahan Lunak Alami
                Bahan Lunak Alami adalah bahan lunak yang diperoleh dari alam sekitar dan cara    pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan. Contohnya adalah tanah liat.

                b. Bahan Lunak Buatan
                Bahan Lunak Buatan adalah bahan untuk karya kerjinan yang diolah menjadi lunak.beragam karya kerajinan dari bahan lunak buatan dapat dibuat berdasarkan bahan yang digunakan. Contohnya adalah bubur kertas dan sabun.


2. Aneka Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Produk kerajinan dari bahan lunak sangat beragam, mulai dari karya kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan fungsi pakai dan karya kerajinan untuk hiasan. Berikut ini contih kerajinan dari bahan lunak :

                a. Kerajinan Tanah Liat
                kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat sering dikenal orang dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik adalah karya kerjinan yang menggunakan  bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijit,butsir,pilin,pembakaran dan glasir) sehingga menghasilkan karya yang indah. Contohnya vas bunga,guci dan gerabah.

                b. Kerajinan Serat Alam
                bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas,dompet,topi,alas meja,tempat lampu. Teknik pembuatan kerajinan dari serat ala mini sebagian besar dibuat dengan cara menganyam. Contohnya tas dan keranjang.

                c. Kerajinan Kulit
                kerajinan ini menggunakan  bahan baku dari kulit yang sudah disamak,kulit mentah atau kulit sintesis. Contohnya tas,sepatu,wayang dompet, jaket kulit yang dihasilkan dari hewan seperti : sapi,kambing,kerbai dan buaya.


                d. Kerajinan Gips
                gips merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Dan prosesnya pun harus dicairkan dahulu jika ingin bentuk seperti yang diinginkan,harus dibuat cetakan. Jika akan diproduksi dalam jumlah yang banyak, harus dibuat model terlebih dahulu.

                Secara umum, untuk semua produk gips diperlukan cetakan bahan utama pembuatan cetakan adalah silicone rubber, tetapi yang paling gampang dan mudah dicari adalah plastisin atau tanah liat. Dengan fungsi sebagai hiasan dinding,mainan,dsb.
                e. Kerajinan  Lilin
                Pembuatan kerajinan bahan dasar lilin cukup sederhana dan mudah,dan dapat dilakukan oleh semua orang .contohnya adalah jepitan rambu.

                f. Kerajinan Sabun.
                Kerajinan dari sabun sangat uni. Bahan yang diperlukan adalah sabun batangan. Sabun dapat diolah dengan dua cara yaitu mengukir dan membentuk sabun. 

                g. Kerajinan Bubur Kertas
                sisa-sisa kertas dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam karya kerajinan. Salah satu alternative pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas untuk bahan prakarya.



3. Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Di bagi menjadi 2 yaitu, fungsi karya kerajinan sebagai benda pakai dan fungsi karya kerajinan sebgai benda hias.
                a. Karya Kerajinan sebagai Benda pakai

                b. Karya Kerajinan sebagai Benda Hias

4. Unsur Estetika dan Ergonomis Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
                a. Unsur Estetika
                unsur estetika sering kita kenal dengan istilah keindahan. Keindahan adalah nilai-nilai estetis yang menyertai sebuah karya seni.
                b. Unsur Ergonomis
                selalu dikaitkan dengan aspek fungsi dan kegunaan. Adapun unsur ergonomis adalah :
                1. Keamanan(security)
                2. Kenyamanan (comfortable)
                3. Keluwesan(flexibility)

5.  Motif Ragam Hias pada Produk Kerajinan dari  Bahan Lunak
                a. Motif Realis
                ialah motif yang dibuat berdasarkan bentuk-bentuk nyata yang ada di alam sekitar seperti bentuk nyata yang ada dialam sekitar bentuk tumbuh-tumbuhan,bentuk hewan dan binatang,serta pemandangan alam.

                b. Motif Geometris
                ialah motif yang mempunyai bentuk teratur dsn dapat diukur menggunakan alat ukur contoh : bentuk segi empat,segitiga,lingkaran,kerucut dan silinder. 

                c. Motif Dekoratif
                pengertian dekoratif adalah menggambar dengan tujuan mengolah suatu permukaan benda lebih indah. Bentuk-bentuk objek di alam disederhanakan dan digayakan tanpa meninggalkan bentuk aslinya. Misalnya bunga,hewan,tumbuhan yang digayakan.

                d. Motif Abstrak
                merupkan motif yang tidak dikenali kembali objek asala yang digambarkan atau memang benar-benar abstrak karena tidak menggambarkan objek yang tidak terdapat dialam maupun objek khayalan.



6. Teknik Pembuatan Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
                a. Membentuk
                - teknik coil(Lilin Pilin)
                -teknik putar
                -teknik cetak
                b. Menganyam

                c. Menenum

                d. Membordir




                e. Mengukir

1 komentar:

PERENCANAAN PROSES PRODUKSI KERAJINAN DARI BAHAN LUNAK

Hai semua!!! ini adalah post saya yang ke 5 Semoga Bermanfaat bagi kalian Perencanaan Proses Produksi Kerajinan dari Bahan Lunak      ...